Cara terbaru dan cepat bagaimana membersihkan kotak masuk gmail

Fitur yang seringkali jarang diperhatikan pengguna internet, yaitu email masuk. Padahal email merupakan elemen paling penting dalam dunia internet, tetapi tidak sedikit para pengguna yang selalu mengabaikan kedatangan email yang masuk.
Akibat seringnya kurang memperhatikan, tanpa disadari kotak masuk selalu dipenuhi pesan-pesan yang seringkali diabaikan. Memang tidak dipungkiri, cara membersikan kotak masuk gmail ini terkadang butuh waktu lumayan lama sehingga pengguna banyak yang memilih untuk mendiamkan kotak masuk tersebut.

Cara cepat membersihkan kotak masuk gmail - Maka yang menjadi masalah disini adalah, bahwa hal ini bisa menimbulkan permasalahan pada saat kotak masuk dalam kondisi penuh, terlebih lagi apabila pengguna memiliki pesan penting yang tidak mungkin dihapus begitu saja. Akibatnya pengguna harus mensortir pesan masuk satu persatu, sedangkan waktu untuk melakukannya otomatis akan semakin bertambah lama.

Cara-membersihkan-kotak-masuk-gmail-1.png

#Inilah cara terbaru dan cepat bagaimana membersihkan kotak masuk gmail.
Sebenarnya ada cara yang mudah dan cepat bagi semua pengguna email, terlebih yang biasa dengan layanan gmail google untuk sekedar memilah-milah pesan-pesan penting. Maka untuk semua pengguna layanan google gmail, anda sudah tidak kebingungan lagi bagaimana cara membersihkan kotak masuk gmail, berikut dibawah ini kutipan melalui sumber KompasTekno :

1. Cara mudah mencari pesan penting
Yang harus diutamakan pada saat merapihkan email adalah dengan memilah antara pesan tidak penting dan yang penting didalam kotak masuk. Maka untuk menemukan pesan penting, yaitu dengan cara menandai sebelumnya, anda bisa melakukan dengan mengetik kalimat "is:important -tanpa tanda kutip-didalam kotak pencarian email.
Kemudian setelah anda menekan enter, secara otomatis gmail akan memunculkan serentetan email penting yang sebelumnya sudah anda tandai terlebih dahulu (Important). Maka dengan begitu pengguna bisa menghapus email lain dengan mudah dan leluasa.

2. Menghapus pesan yang sudah lama
Ada beberapa pesan masuk yang sudah lama dan sudah tidak lagi dibutuhkan dan harus diapus, namun untuk menghapusnya tidak jarang pengguna mencari satu demi satu kotak masuk. Dengan begitu akan membuang waktu sehingga muncul rasa bosan bagi si pengguna.

Cara-terbaru-dan-cepat-kotak-masuk-gmail-2.png
#Sebenarnya membersihkan pesan yang lama bisa dilakukannya dengan mudah, caranya adalah dengan menyortir berdasarkan urutan tanggal. Untuk melakukannya, anda tinggal mengetik kata "after:" "before:","older_than:", atau "newer_than:", tanpa tanda kutip dan yang harus diikuti dengan tanggal dalam satu format tahun, bulan, dan tanggal.
#Contohnya, ketikan "after:2017/12/20" guna menyaring e-mail masuk setelah tanggal 20 desember 2017. Tuliskan didalam kotak pencarian berdasarkan tanggal ini juga bisa dikombinasikan, misalnya dengan menulis "after:2017/12/20 before:2017/12/22" untuk mencari email masuk antara tanggal 20 Desember 2017 hingga 22 Desember 2017.
#Kalimat "older_than:" dan "newer_than:" memiliki fungsi yang hampir sama, hanya saja, alih-alih tanggal persis, pencarian seperti ini berdasarkan pada umur pesan yang akan dicari, menggunakan huruf "d", "m", dan "y" sebagai satu penanda hari, bulan, dan tahun.
#Misalnya seperti, perintah "newer_than:2d" akan menyaring e-mail yang masuk dalam 2 hari terakhir. Sementara, perintah "older_than:5y" akan menampilkan rentetan e-mail yang umurnya sudah melebihi dari 5 tahun. Deretan e-mail lama yang difilter dengan cara di atas bisa langsung dihapus sekaligus dari kotak masuk dengan memilih opsi "select all" berbentuk ikon persegi di bawah kolom search, lalu setelah semuanya terseleksi, tekan ikon "delete".
3. Berhenti berlangganan dengan newsletter.
Tidak sedikit pengguna, yang emailnya digunakan untuk mendaftar toko online atau akun tertentu seperti lazada, marketplace atau vendor pencari kerja. Vendor tersebut berkaitan dengan email, maka tidak heran seringnya email masuk karena anda sudah menjadi newsletter melalui e-mail anda secara berkala sehingga tidak ada bedanya dengan spamer.

Cara-terbaru-dan-cepat-kotak-masuk-gmail-3.jpg

Sebetulnya anda bisa berhenti berlangganan agar tak lagi dikirimi e-mail newsletter tersebut, caranya, cukup dengan mengetikan perintah "label:^unsub" untuk menampilkan sederetan e-mail yang dikirim dari newsletter. Opsi untuk berhenti berlangganan  newsletter caranya bisa ditemukan dengan membuka e-mail terkait lalu memilih "unsubscribe" di samping alamat e-mail si pengirim.

Ulasan terkait :
Cara paling tepat dan aman untuk anak saat menggunakan pencarian google
Produk-produk pelayanan google yang redup sebelum berkembang

4. Mencari lampiran dan berkas format tertentu
Apakah anda sering dikirimi foto oleh teman atau keluarga melalui e-mail?, maka foto itu biasanya tidak  langsung anda unduh dan dibiarkan bercampur dengan e-mail masuk yang lain sehingga sulit dicari pada saat anda membutuhkan.

Maka untuk menyaring lampiran file berkas dengan format tertentu, seperti jpg untuk foto, atau Pdf dan Doc untuk dokumen, ketikan sesuai perintah "filename:" yang diikuti dengan jenis file yang anda cari, contohnya "filename:jpg" atau "filename:pdf".

Sumber : http://amp.kompas.com
Dengan begini anda bisa menyimpan lampiran e-mail yang anda anggap penting sebelum menghapusnya untuk sekedar merapikan inbox, demikian sedikit informasi mengenai cara terbaru dan cepat bagaimana membersihkan kotak masuk gmail. Semoga bermanfaat.