Beberapa cara yang tepat mengatasi panasnya smartphone anda

Mungkin smartphone anda sering mengalami panas, padahal tidak untuk bermain musik atau games dan itu semua dikarenakan smartphone tidak sama seperti komputer, smartphone tidak memiliki alat pendingin otomatis. Oleh karena itu, beberapa vendor smartphone memasang pengaman berupa alat pengukur panas.
Alat pengukur panas ini akan menon-aktifkan beberapa fitur tertentu didalam smartphone anda, seperti menonaktifkan flash kamera pada saat ponsel mulai panas. Adapun beberapa pabrik smartphone pun ada yang mengandalkan metode pendinginan pasif.

Naah..jika smartphone anda pernah mengalami hal serupa di atas, ada lima hal yang sedikitnya bisa anda lakukan guna mengatasi panas smartphone, sebagai mana yang telah dilansir oleh KompasTekno, dan berikut kondisi yang menyebabkan ponsel anda menjadi panas, diantaranya :
mengatasi-panasnya-smartphone-anda-4.jpeg

#Beberapa kondisi dan cara yang tepat mengatasi panasnya smartphone anda.
1. Smartphone panas disebabkan baterai bengkak.
Baterai smartphone bengkak atau menggelembung sebenarnya jarang terjadi, namun bukan berarti tidak bisa dialami oleh semua jenis smartphone. Jika muncul retakan pada bodi smartphone akibat baterai menggelembung, ada baiknya anda untuk segera menon-aktifkan smartphone anda.

cara-yang-tepat-mengatasi-panasnya-smartphone-anda-5.jpeg

Pada saat kondisi sudah seperti diatas, cobalah anda untuk tidak menggunakan atau mengisi daya smartphone. Maka jika baterai semakin menggelembung, bawa smartphone ke pusat layanan (service centre) untuk menukar baterai jika masih bergaransi. Buanglah baterai di pusat daur ulang resmi jika memang baterai smartphone anda harus diganti.

2. Panas bisa terjadi saat pengisian daya.
Smartphone menjadi panas bisa juga disebabkan pada saat mengisi daya (charging), tapi itu masih terbilang hal yang wajar. Tapi apabila panasnya berlebihan, bisa jadi permasalahan bersumber dari charger anda.
Jika smartphone anda terlalu panas, segera anda mencabut charger dan  biarkan sesaat sampai kondisi menjadi dingin. Kemudian anda bisa mengulangnya kembali isi daya dengan charger original atau charger tidak resmi tapi berkualitas tinggi, atau cobalah charger lain yang belum pernah anda gunakan.

3. Panas akibat pengoprasian smartphone terlalu berat
Smartphone kondisinya menjadi panas sebetulnya sesuatu yang wajar, apalagi sehabis bermain games 3D, atau editing video. Selain itu setelah melakukan aktifitas multi tasking, efek yang terjadi pada umumnya daya baterai smartphone akan cepat terkuras habis. Pastikan bahwa kinerja smartphone jangan terlalu ber operasi aplikasi yang berat.

mengatasi-panasnya-smartphone-anda-6.jpeg

Pada generasi smartphone terbaru biasanya menggunakan hardware yang lebih bertenaga jika dibanding sebelumnya. Artinya, aplikasi atau game yang tersedia juga akanl membutuhkan kekuatan yang lebih, dengan begitu aplikasi atau games bisa berjalan lancar melalui perangkat yang lama. Jika begitu anda harus melakukan upgrade ke sistem pengoprasian OS.

4. Panas setelah melakukan upgrade sistem OS
Biasanya setelah smartphone berganti sistem, kinerja processing akan meningkat, misalnya iOS 10 apple menambahkan tagging otomatis dengan teknologi pengenal wajah (facial recognition) melalui photo apps.

mengatasi-panasnya-smartphone-anda-6.jpeg

Setiap satu foto baru akan ditandai secara otomatis, tapi bagaimana jika ada ribuan foto baru? Prosesor akan bekerja lebih keras untuk memindai foto-foto tersebut, setelah beberapa hari OS di-upgrade. Jadi, proses menandai foto-foto tersebut tentu saja akan menyedot kinerja prosesor dan secara otomatis ponsel akan terasa panas. Sehingga panas akibat kerja prosesor yang berat masih bisa dikatakan wajar.

Artikel terkait :
Urutan dan daftar smartphone yang banyak diduplikatkan

Namun, kondisi bisa dibilang tidak wajar pada saat panas pada smartphone tak kunjung turun, dan sering terjadi dalam beberapa minggu. Maka dalam kasus ini, smartphone anda butuh penangan dari service centre untuk memperbaikinya.

Demikian ulasan mengenai beberapa cara yang tepat mengatasi panasnya smartphone anda, mudah-mudahan bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »