Perbedaan whatsApp for business dan whatsApp messenger biasa

Dijaman serba canggih ini, banyak sekali aplikasi bermunculan dan tidak menutup kemungkinan bisa kita pasang didalam smartphone kita. Maka kita harus bisa membedakan aplikasi whatsapp dismartphone kita, mana yang untuk bisnis dan mana whatsapp yang hanya untuk messenger saja.
Dan untuk saat ini telah hadir secara resmi dari whatsapp yang merilis WhatsApp Business setelah diperkenalkan dalam format beta pada bulan september tahun 2017 lalu. Dan kita sebagai orang patut berbangga banhwasanya Indonesia menjadi bagian negara Asia pertama yang sudah bisa menggunakan WhatsApp Business di platform android bersamaan dengan empat negara lain yaitu amerika serikat, italia, meksiko, inggris.

Mungkin yang belum bisa membedakan mana whatsapp messenger dan business dalam artikel ini saya akan sedikit apa sebenarnya yang menjadi perbedaan WhatsApp messenger yang biasa digunakan dengan WhatsApp business?. Seperti namanya, platform yang telah berdiri sendiri (standalone) ini sudah menerobos kalangan pebisnis, mulai dari perusahaan besar hingga UKM.

Perbedaan-whatsApp-for-business-dan-whatsApp-messenger-biasa.jpg


#Inilah rerbedaan antara whatsApp for business dan whatsApp messenger biasa.
Aplikasi WhatsApp Business sangat memungkinkan para pebisnis lebih komunikatif melakukan aktifitas dengan semua konsumennya, serupa dengan konsep yang diusung aplikasi Line. Naah jika anda penasaran, apasich perbedaannya, berikut beberapa perbedaan antara WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business yang dirangkum KompasTekno dari Gadgets Now.
1. Perbedaan logo whatsapp business dan biasa

Perbedaan-whatsApp-for-business-dan-whatsApp-messenger-biasa_001.jpg

Perbedaan logo WhatsApp Business menggunakan huruf kapital 'B' dengan warna latarnya hijau khas WhatsApp. Pastinya terlihat sangat jelas bahwa logo ini berbeda dengan WhatsApp Messenger yang sudah populer dengan menggunakan logo gambar telepon.

2. Membalas pesan secara otomatis
Yang lebih menariknya, fitur ini sangat memungkinkan para pebisnis untuk bisa menyetel balasan secara otomatis jika menerima pertanyaan-pertayaan yang sama dari konsumen.

Perbedaan-whatsApp-for-business_002.jpg

Begitu juga sebaliknya, pengaturan ini pun, bisa digunakan untuk mengirim pesan otomatis untuk menyambut konsumen yang baru. Fitur ini tentu sangat berbeda dengan WhatsApp Messenger biasa yang bertujuan hanya secara personal.

3. Bisa menggunakan dan menambahkan nomor telepon kantor atau rumah. 
Sangat terlihat perbedaannya dengan aplikasi whatsapp messenger yang hanya menggunakan nomor ponsel, sedangkan whatsapp for bisnis bisa dengan menggunakan serta menambahkan nomor telepon rumah atau kantor walaupun sudah ada nomor ponsel yang anda miliki.
Perbedaan-whatsApp-for-business_00.png
Namun WhatsApp menyarankan untuk tidak mengganti nomor seluler sekaligus menentukan satu nomor ponsel permanen. Menggunakan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger dalam satu perangkat yang sama bisa saja dilakukan, namun anda harus tetap menggunakan nomor yang berbeda untuk masing-masing aplikasi tersebut.

4. Lihat statistik pesan yang terkirim dan diterima

Perbedaan-whatsApp-for-business-dan-whatsApp_7467346.jpg

Dengan adanya fitur ini, tentunya sangat menyenangkan bagi pebisnis, sebab mereka bisa me,lihat langsung statistik pesan yang sudah terkirim, ataupun yang diterima. Sudah barang tentu, bahwa fitur ini tidak akan ada melalui whatsapp messenger biasa, yang justru dimana semua pengguna akan menyembunyikan info-info apabila pesan masuk sudah terbaca, bahkan kemungkinan besar akan dihapus.

5. Bisa memilih sendiri kategori bisnisnya
Selain untuk promosi perusahaan, semisal situs resmi, jam operasional, atau lokasi, pebisnis juga bisa dengan mudah memilih kategori bisnis yang telah tersedia. Tidak harus perusahaan yang besar, bahkan whatsapp business ini terbuka untuk kalangan UKM, atau usaha kecil lainnya.

Ulasan terkait :
Cara keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan admin dan anggota group

6. Centang Warna Hijau
Tanda verifikasi, bahwa pesan melalui whatsapp business akan terlihat berbeda dengan whatsapp messenger biasa. Akun whatsapp busines yang sudah terverifikasi berwarna centang hijau.

Perbedaan-whatsApp-for-business-dan-whatsApp-messenger-biasa_7447346.jpg

Maka jika anda melihat lencana hijau tepat di sebelah nama kontak, itu tandanya WhatsApp telah memverifikasi apabila nomor tersebut adalah benar milik perusahaan, baik itu WhatsApp pada blog situs resmi perusahaan.

7. Mengkategorikan pesan yang masuk menggunakan 'Labels'
Fitur ini merupakan salah satu fitur terbaru yang sebelumnya belum ada di versi beta. Dengan "Labels", maka pebisnis bisa mengkategorikan jenis pesan yang masuk tertentu sehingga komunikasi dengan konsumen lebih aman dan terorganisir.

Sumber artikel : http://amp.kompas.com/

Naah.. jadi bagi anda yang ingin memanfaatkan WhatsApp Business bisa diunduh melalui Google Play Store. Demikianlah sedikit ulasan mengenai perbedaan whatsApp for business dan whatsApp messenger biasa, selamat mencoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »