Cara paling mudah mengunduh data pengguna whatsapp

Cara paling mudah mengunduh data pengguna whatsapp kali ini, tidak lain bagaimana caranya mengunduh data-data para pengguna whatsapp didalam nomor kontak anda dengan mudah. Pada waktu yang lalu, facebook sedang dilanda penyalahgunaan data prifasi para pengguna, yang dimana menganjurkan untuk menghapus akun facebook pun menjadi sangat gencar terdengar.
Maka sebelum menghapus akun Facebook miliknya, setiap pengguna diminta mengunduh arsip informasi pribadi selama menggunakan Facebook. Seperti Facebook, "anak" perusahaanya, WhatsApp, juga mengoleksi informasi dari 1 miliar pengguna aktifnya di seluruh dunia.

Sekarang, pengguna whatsApp bisa mencari tahu mengenai info apa saja yang dikais aplikasi instan tersebut. Perlu kita ketahui bahwa fitur seperti ini hadir setelah uni eropa mengeluarkan peraturan mengenai privasi yang termaktub dalam Data Protection Regulation (GDPR). Meski belum ada skandal penyalahgunaan data layaknya Facebook, pengguna ini juga bisa mengetahui informasi apa saja yang disimpan WhatsApp tentang dirinya.

Cara-mengunduh-data-pengguna-whatsapp_35351.jpg


#Cara termudah meminta data 
Perlu diketahui, fitur ini baru bisa dipergunakan setelah meng-update aplikasi WhatsApp ke versi 2.18, cara mengunduh data milik pribadi di WhatsApp tidak terlalu sulit.

Cara-mudah-mengunduh-data-pengguna-whatsapp_32351.png
>> Pertama yang harus kita lakukan, buka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp, >> lalu ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas, >> kemudian pilih menu "setting" (pengaturan). >> Setelah pengaturan sudah terbuka, pilih menu "akun" (account), >> lalu pilih opsi "permintaan informasi akun" (request account info), >> lalu klik "permintaan laporan" (request report).
Setelah itu WhatsApp menginformasikan bahwa laporan baru bisa diterima selang tiga hari setelah melakukan permintaan. Tapi, seperti dilansir KompasTekno dari Gadgets Now, Sabtu (19/5/2018), beberapa pengguna mendapatkannya hanya dalam waktu beberapa jam saja. 
Permintaan informasi akan dibatalkan, jika pengguna menghapus akun WhatsApp, mengubah nomor ponsel, atau me-registrasi ulang akun selama masa tunda permintaan Jika dokumen telah siap, WhatsApp akan memberikan notifikasi yang mengatakan "akun Anda siap diunduh". Notifikasi juga akan memberitahukan masa berlaku dokumen untuk bisa di download. Rata-rata informasi hanya bisa diunduh dalam rentang beberapa minggu saja. Ketika sudah kadaluwarsa informasi tersebut akan terhapus dari server. 

#Cara mudah mengunduh data 
Jika notifikasi telah tersedia, buka WhatsApp lalu pergi ke menu setting. Pilih menu "akun", lantas pilih opsi "permintaan informasi akun". Kemudian, klik "unduh laporan" (download report). Format unduhan akan berupa file Zip. Setelah di ekstrak, informasi akan terpampang dalam format Html yang bisa dibuka dengan browser dan format JSON yang bisa di-port ke aplikasi lain.
Artikel terkait :
Begini caranya, berbagi lokasi menggunakan whatsApp disaat pulang mudik

Selanjutnya, setelah unduhan dibuka, akan terlihat informasi apa saja yang WhatsApp kumpulkan tentang penggunanya. Informasi ini antar alain nomor ponsel, koneksi IP yang digunakan, jenis perangkat yang digunakan, vendor perangkat, foto profil, semua nomor kontak, semua grup WhatsApp di mana pengguna masuk di dalamnya dan nomor kontak mana saja yang diblokir. 

Sumber artikel : Kompas Tekno

Demikian artikel yang bisa saya suguhkan mengenai cara paling mudah mengunduh data pengguna whatsapp, selamat mencoba.