Menu makanan sehat dan bernutrisi khusus orang tua

Diwaktu kita kecil, sudah menjadi kewajiban orang tua mengurusi menu makan kita, tapi setelah usia orang tua sudah rentan, tugas itu alangkah baiknya kita ambil alih. Kitalah yang sewajibnya membalas kebaikan orang tua, yaitu dengan mengatur asupan makanan sehat dan bernutrisi untuk orang tua kita.
Sebagai rasa cinta kita terhadap orang tua sendiri, jadi gak ada salahnya kita sebagai anak mengatur pola makan orang tua. Kenapa kita yang harus mengatur pola makan orang tua?, sebab orang yang sudah tua jarang sekali memperhatikan pola makannya, yang penting terlihat lezat pasti dimakan tidak menghiraukan adanya nutrisi atau kandungan kesehatan didalam makanan tersebut.

makanan-sehat-dan-bernutrisi-khusus-orang-tua.jpg


Untuk mempersiapkan menu makanan untuk orang tua, kita sebagai anak perlu membuat pilihan jenis makanan yang sehat. Kenapa?, sebab apa yang mereka konsumsi tidak hanya mempengaruhi kesehatan, namun juga suasana hatinya. Berikut dibawah ini beberapa hal yang perlu ada perhatikan guna menyiapkan menu makan sehat untuk orang tua kita, antara lain :

#Beberapa menu makan sehat yang harus kita sajikan kepada orang tua kita.

#Menu makan sayuran dan buah
Seperti yang sudah dibahas di atas, sayuran merupakan asupan yang sangat disarakan bagi orang tua, karena kandungan kalorinya yang terbilang rendah. Karena itu, Departemen Pertanian AS menyarankan anda mengisi setengah piring makan orang tua dengan sayuran dan buah-buahan. Selain rendah kalori, keduanya mengandung nutrisi penting bagi orang tua dan tinggi serat.

makanan-sehat-dan-bernutrisi_00.jpg

Makanan yang mudah didapat disekitar kita, misalnya bayam, bleweh, brokoli, juga yang banyak  mengandung vitamin C, misalnya  fitokimia lutein, zeaxanthin, beta-karoten. Sebab menurut penelitian Colorado State University Extension, sejumlah nutrisi tersebut sangat ampuh membantu mencegah, atau setidaknya memperlambat, onset degenerasi makula.

Sementara serat didalam makanan akan sangat membantu orang tua terhindar dari sembelit, menurunkan kadar kolesterol darah, serta mengontrol gula darah. Untuk membantu kebutuhan serat bagi orang tua, anda bisa memasukkan biji-bijian ke dalam menu makan hariannya. Misalnya saja mengisi seperempat piring makan orang tua dengan gandum utuh atau beras merah. Sebagai ganti, bisa juga memberikan menu santapan berupa roti gandum, oatmeal, sereal, atau pasta whole-wheat utuh.
#Memperhitungkan asupan makanan berkalori
Ketika mencapai tahun keemasannya, orang tua perlu mengurangi asupan kalori yang masuk ke tubuh. Ini penting diperhitungkan, sebab terjadi sejumlah perubahan komposisi pada tubuh orang tua, seperti lebih banyak lemak dan kurang otot. Selain itu, mereka juga telah mengalami penurunan aktivitas.

Menu-makanan-sehat-dan-bernutrisi_010.jpg
Maka apabila asupan kalori tak dijaga bisa menimbulkan beberapa penyakit kronis, antara lainnya: stroke, hipertensi, diabetes mellitus tipe 2,  dislipidemia, jantung koroner,  dan beberap ajenis kanker seprti kanker usus besar. Karenanya, ibu yang berusia di atas 51 tahun harus memastikan jika asupannya mengandung 1.600 hingga 2.200 kalori per hari. Sementara ayah yang umurnya di atas 51 tahun disarankan konsumsi 2.000 hingga 2.800 kalori per hari.
Untuk jenis asupan makanan rendah kalori, kita bisa memilihnya melalui sayuran, misalnya tomat berukuran sedang yang terkandung 20 kalori, wortel 30 kalori, atau juga mentimun yang terbilang rendah kalori yaitu 20 kalori.

#Sertakan asupan protein
Jika usia yang tak muda lagi, bukan berarti orang tua anda ingin mandiri. Kebanyakan dari mereka menginginkan tetap melakukan aktifitas sebagaimana orang masih muda. Namun sayangnya pertambahan usia membuat mereka terancam sarkopenia, yaitu suatu kondisi dimana kekuatan serta massa otot semakin menurun.

Menu-makanan-sehat_020.jpg

Maka agar senantiasa otot orang tua tetap terjaga, kita sebagai anak harus memperhatikan jenis makanan mengandung protein (terutama asam amino esensial) untuk makan kesehariannya, tidak lupa pula membatasi makanan lemak jenuh.  Misalnya saja menyertakan sumber protein seperti unggas, kacang-kacangan dan ikan. Untuk jumlah asupan protein dalam sehari, anda disarankan menghitung berdasarkan bobot badan orang tua, yaitu 1 gram protein per-kilogram berat badan.

Artikel terkait :
Tujuh jenis makanan yang memberikan kecerahan kesehatan tubuh
Beberapa jenis makanan yang ampuh mengatasi stroke

#Asupan makanan cair tambahanJenis makanan cair tambahan seperti susu, sesungguhnya tidak hanya baik dikonsumsi untuk anak-anak saja. Dari sejumlah penelitian juga merekomendasikan susu adalah sebagai makanan cair tambahan yang perlu dikonsumsi untuk orang tua setiap hari.

makanan-sehat-dan-bernutrisi-orang-tua_89.jpg

Seperti rekomendasi yang dikeluarkan National Academy of Sciences, bila orang tua yang berusia di atas 50 tahun sebaiknya mengonsumsi 1.200 miligram susu setiap hari. Terutama bila orang tua hanya memperoleh kalsium dari susu, maka perlu minum empat gelas susu per hari.

Mengapa susu sangat direkomendasikan sekali? sebab selain membantu tulang sehat dan melindungi dari osteoporosis, susu juga mampu menjaga kekuatan dan massa otot. Bagi orang tua sendiri, kekuatan dan massa otot yang terjaga bisa membantu mereka tetap bisa beraktivitas seperti waktu muda.

Sumber artikel : http://afc.abbottfamily.co.id

Dengan tips di atas, semoga anda bisa menyajikan menu bernutrisi bagi orang tua anda. Dan jangan lupa, selalu sertakan Ensure dalam menu hariannya, semoga bermanfaat